Sabtu, 13 November 2010

Ku - Tips


Menjadikan sampah lebih berguna !!
           Sampah sesuatu yang tidak lazim untuk didengar, di sekolah kita sedang digencar-gencarkan untuk menjaga lingkungan salah satunya adalah membuang sampah pada tempatnya. Disediakan 2 jenis tempat sampah yaitu organic dan non-organic, sebenarnya mengapa ya harus dipisah-pisah dalam pembuangannya ?? itu dikarenakan untuk memudahkan para petugas kebersihan dalam pemilihan sampah yang akan diolah kembali menjadi pupuk. Pengolahan sampah menjadi pupuk sudah berjalan baru-baru ini atas usul BPLH (Badan Pengawas Lingkungan Hidup).  Lalu bagimana cara pengolahan sampah hingga akhirnya menjadi pupuk yang baik ? berikut cara pembuatan pupuk :
1.     Pilih bahan yang akan jadikan sampah dipilih dari sampah organic, misal dari daun-daunan.
2.    Potong rumput, lalu rumput itu ditimbun oleh serabut kelapa dan ditimbun kembali oleh sampah organic.
3.    Aduk hingga merata.
4.    Bila sudah di aduk campur dengan air mikro-biotani, aduk kembali hingga merata.
5.    Bila sudah tercampur, tutup dengan plastic selama 2-3 hari, hingga terlihat menguap/ panas. Dan akan menjadi pupuk setelah 3 minggu kemudian.
6.    Agar hasil menjadi lebih baik, ayak kompos tersebut.
Setelah kalian mengatahui cara pembuatan pupuk, sobat Wastu bisa mempraktekannya untuk mengurangi limbah sampah, apalagi dengan banyaknya sampah banyak sekali kerugian yang akan kita dapatkan, apalagi kan orang yang membuang sampah sembarangan lebih buruk dari sampah yang dibuangnya.
(tikuk 9h, ismi 9d/ WaW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar